Brand awareness adalah elemen yang sangat penting di dalam sebuah bisnis karena terkait dengan bagaimana brand atau merek Anda dikenal oleh masyarakat luas.
Brand yang dikenal oleh masyarakat luas begitu penting karena ini terkait dengan keberlangsungan bisnis yang Anda bangun.
Baik produk dikenalkan secara online maupun offline, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness.
Jika brand awareness dianggap menjadi salah satu hal yang penting untuk dapat mengembangkan bisnis Anda, maka membaca artikel ini adalah langkah yang tepat.
Pengertian Brand Awareness
Yang dimaksud dengan brand awareness disini adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk menggambarkan seberapa besar pengakuan konsumen terhadap produk bisnis Anda.
Jika disederhanakan, istilah brand awareness ini adalah sebuah kondisi dimana masyarakat memahami atau menyadari bahwa ada suatu produk di luar sana dengan merex X, misalkan.
Nah, untuk memunculkan brand awareness, harus ada serangkaian marketing campaign yang ditempuh. terutama, kampanye marketing yang menimbulkan citra positif agar bisnis tahan lama.
Selain itu, brand awareness bisa digunakan sebagai tolok ukur pengakuan dari masyarakat sebagaimana kuat brand image Anda bila dibandingkan dengan kompetitor.
Hal ini bisa dibuktikan dengan jumlah penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan. Semakin tinggi angka penjualan, semakin positif dan tinggi juga brand awareness dari bisnis tersebut.
Contohnya saja, keberhasilan dari kesadaran merek ini seperti Aqua yang mana seluruh produk air mineral dikenal sebagai Aqua meskipun yang dibeli merek lain. Dengan begitu akan banyak pembeli yang lebih memilih untuk membeli produk asli dari Aqua itu dibanding merek lainnya.
Brand Awareness Menurut Para Ahli
Istilah ini memang sudah terkenal dan bahkan menjadi banyak penelitian ilmiah dan sudah diakui oleh para ahli. Bahkan di dunia pemasaran banyak ahli yang mengungkapkan pandangannya mengenai arti dari kesadaran merek ini, seperti di bawah ini:
Rossister & Percy (1996)
Istilah tersebut didefinisikan sebagai kemampuan para pembeli untuk dapat mengenali serta menyebutkan merek yang terdapat di pasaran tanpa membuat kelompok secara detail untuk melakukan proses pembelian produk.
Shimp (2003)
Mendefinisikan bahwa kemampuan merek yang terdapat di pasar muncul di dalam pemikiran masyarakat saat ingin membeli suatu produk tertentu serta nama produk mudah diingat dan muncul dalam pemikiran masyarakat.
Soehadi (2005)
Mengungkapkan sebuah pemikirannya dalam definisi kesadaran merek ini merupakan hal yang bisa membuat pembeli bagaimana kategori produk bersaing di pasaran. Jika memiliki tingkat yang lebih tinggi maka bisa dikatakan bahwa perusahaan berhasil membangun kesadaran merek tersebut.
Selain itu, merek yang dikenal oleh masyarakat tidak hanya dimengerti saja namun juga memenuhi persyaratan yang menjadi kebutuhan pelanggan.
Cara Meningkatkan Brand Awareness
Setelah mengetahui seberapa penting dan bagaimana definisi dari kesadaran merek itu sendiri maka Anda harus bisa meningkatkannya. Dengan kesadaran merek yang meningkat maka Anda akan berhasil menguasai pasar, caranya adalah:
1. Mengkomunikasikan Produk dengan Baik
Sebenarnya untuk mengenalkan suatu produk bisa dilakukan melalui cara komunikasi lewat offline maupun online. Bahkan Anda juga bisa membuat iklan melalui TV, media sosial, media cetak, dan lainnya.
Tentukan sistem komunikasi terbaik agar memberikan hasil yang optimal. Penggunaan tool secara online akna dapat membuat brand Anda dikenal banyak orang dan menyediakan informasi produk yang lengkap.
2. Doronglah Word of Mouth
Salah satu cara efektif dengan mendorong word of mouth yaitu membuat para konsumen merekomendasikan produk dengan cerita yang menarik ke orang lain sehingga produk dikenal oleh banyak orang.
Hal ini tidaklah instan karena Anda harus memberikan layanan yang memuaskan untuk para konsumen agar dapat dengan senang hati membuat rekomendasi yang bagus.
Selain itu, di jaman yang modern ini Anda bisa menggunakan jasa influencer yang terkenal di media sosial sehingga bisa merekomendasikan kepada para followersnya. Namun, biasanya influencer adalah orang yang jujur dalam menilai produk jadi pastikan produk Anda memang layak untuk dikenalkan.
3. Menciptakan Keterikatan Emosional
Sebagai pebisnis maka Anda harus dapat menyampaikan fitur produk, spesifikasi produk, beberapa pilihan warna, serta keterangan penting lainnya yang wajib diketahui oleh para pembeli. Namun, untuk lebih memberikan pengertian maka bisa ditambahkan dengan kisah relevan mengenai identitas brand.
Jika kisah ini bisa menyentuh hati para calon pembeli maka akan menjadi keuntungan yang besar bagi peningkatan kesadaran merek ini. Pastinya emosi pelanggan yang tersentuh akan membuatnya lebih tertarik lagi untuk membeli produk Anda.
4. Pentingnya Positioning
Hal terakhir yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek ini adalah dengan positioning. Positioning sendiri merupakan inovasi yang dilakukan oleh perusahaan agar mereknya bisa bertahan di pasaran serta memiliki perbedaan signifikan dengan merek lainnya.
Membuat sebuah produk yang menarik dan berbeda dengan pesaing merupakan kunci dari positioning yang bisa digunakan dan jangan terpengaruh dengan terobosan merek lain.