Pandemi virus corona covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 lalu terbukti memberikan dampak luar biasa di sektor ekonomi. Banyak bisnis terpaksa harus gulung tikar akibat kehabisan modal serta kesulitan mendapat keuntungan.
Sebagai upaya agar bisnis Anda tetap bisa bertahan di kondisi serba sulit seperti sekarang, berikut sudah kami rangkum 5 strategi bisnis yang bisa Anda jalankan. Penasaran seperti apa tipsnya? Berikut ulasan selengkapnya.
5 Strategi Bisnis di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Dalam kondisi normal, ada banyak cara yang bisa Anda coba agar bisnis bisa menghasilkan keuntungan. Namun, bagaimana jika kondisi sedang pandemi corona covid-19 seperti sekarang?
1. Strategi Bisnis dengan Optimalkan Pemasaran Digital
Tidak bisa dipungkiri, kondisi wabah virus Corona yang terjadi hampir dua tahun terakhir memang membuat kelabakan banyak pelaku usaha. Tidak hanya UMKM, tapi juga perusahaan multinasional.
Salah satu cara agar bisnis tetap bisa bertahan di tengah pandemi virus corona covid-19 adalah dengan mengoptimalkan pemasaran digital. Menariknya, strategi ini bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari bisnis rumahan hingga perusahaan besar.
Dengan menerapkan pemasaran digital, proses produksi bisa tetap berjalan dengan protokol kesehatan, sementara alur pemasaran berubah dari toko fisik menjadi online order melalui marketplace atau website e-commerce.
Sebagai contoh, saat ini para pemilik kost bisa memanfaatkan aplikasi Mamikos untuk menunjang aktivitas pemasaran kamar kost di tengah pandemi. Selain bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen, cara ini juga mampu meminimalisir adanya kontak langsung yang sangat beresiko menjadi penyebab penularan virus covid-19.
2.Tetap Terhubung dengan Pelanggan di Media Sosial
Seiring penerapan kebijakan pembatasan sosial atau PPKM, mayoritas orang tentu akan meminimalisir mobilitas di luar ruangan. Nah, salah satu dampaknya adalah penggunaan sosial media yang semakin intens untuk tetap update dengan perkembangan dunia luar.
Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan fenomena ini dengan cara memaksimalkan penggunaan akun media sosial perusahaan. Seperti kita ketahui, media sosial memiliki potensi sangat besar untuk menjaga brand awareness serta kebutuhan edukasi kepada calon pelanggan.
Dengan langkah aktivasi akun media sosial, secara tidak langsung Anda juga mampu mempertahankan hubungan dengan pelanggan karena mereka bisa melihat berbagai aktivitas produksi serta informasi yang setiap hari dibagikan.
3.Bagi-bagi Voucher di Masa Pandemi Corona Covid-19
Percaya atau tidak, kode voucher saat ini masih menjadi media promosi dan pemasaran yang cukup efektif untuk mendorong angka penjualan. Meski nilainya tidak seberapa, potongan diskon yang tertera di voucher secara tidak langsung membuat obligasi kepada penerima untuk segera menggunakannya.
4. Strategi Bisnis Diversifikasi Produk
Apa itu diversifikasi? Secara umum, diversifikasi adalah langkah yang diambil perusahaan untuk memperluas variasi produk atau jasa yang dijual. Caranya bisa dengan membuat produk turunan yang masih relevan dengan bisnis utama, atau dengan membuat produk baru yang dirasa sedang banyak dibutuhkan.
Salah satu tujuan adanya diversifikasi adalah untuk menambah peluang perusahaan agar tetap bisa menghasilkan laba atau keuntungan. Dengan begitu, cash flow perusahaan akan tetap terjaga di kondisi sulit seperti sekarang.
5. Berkolaborasi dengan Pihak Lain
Kolaborasi merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan untuk memperluas segmen pasar. Anda bisa mengajak kolaborasi dengan pihak-pihak yang dirasa bisa membantu bisnis tetap berkembang di tengah pandemi virus Covid-19.
Salah satu contohnya yakni dengan melakukan kolaborasi atau sharing session lewat webinar kewirausahaan. Selain membantu memperkenalkan brand, aktivitas ini juga bisa membuka potensi order baru. Sangat menarik bukan?
Kesimpulan
Di tengah kondisi pandemi virus Corona Covid-19 seperti sekarang, mempertahankan bisnis agar tetap menguntungkan memang cukup sulit dilakukan. Pasalnya, selain harus memikirkan kualitas produk, seorang pebisnis juga dituntut untuk berpikir kreatif sesuai perkembangan jaman.
Nah, beberapa tips di atas tentunya bisa Anda coba agar bisnis tetap bisa berkembang. Anda bisa memulai dari strategi yang paling sederhana seperti mengelola media sosial dan aset digital untuk menarik calon pelanggan.
Semoga bermanfaat.