Cara membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris bisa dibilang cukup rumit apabila orang tersebut belum terlalu menguasai bahasa Inggris.
Bahasa Inggris yang digunakan untuk surat lamaran kerja cukup kaku dan formal, berbeda dari bahasa sehari-hari atau bahasa percakapan yang cenderung santai.
Di artikel ini Anda akan mengetahui tips bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris agar dapat membuatnya dengan mudah.
Tips-tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Pada dewasa ini, melamar kerja di Indonesia pun menggunakan bahasa Inggris. Ini karena kemampuan bahasa Inggris seolah menjadi suatu keharusan yang dimiliki orang-orang.
Terlebih lagi jika perusahaan tersebut kerap mendapat klien dari luar negeri.
Jadi, dengan membuat surat lamaran kerja dengan bahasa asing bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk dilirik oleh HRD sekaligus menunjukkan skill berbahasa asing.
Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai batu loncatan dalam membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.
Tips 1: Pelajari Profil Perusahaan
Mempelajari profil perusahaan akan membuat Anda lebih mudah dalam menuliskan apa saja yang harus ditulis ke dalam surat lamaran.
Profil perusahaan yang harus Anda pelajari adalah
- Susunan stafnya – agar tahu kepada siapa Anda mengirimkan surat lamaran.
- Company culture – ketahui nilai apa yang dianut perusahaan dan sesuai dengan nilai diri Anda sendiri.
- Visi Misi Perusahaan – Setidaknya, Anda juga akan mengerti tujuan yang ingin dicapai perusahaan dan bagaimana kontribusi Anda nanti membantu pencapaian visi misi tersebut.
Tips 2: Buat Daftar Skill
Buat daftar skill yang bisa Anda kontribusikan ke perusahaan dan pastikan skill Anda tersebut benar-benar memiliki nilai.
Untuk mempermudah Anda dalam pemilihan skill apa yang nantinya disebutkan, maka buatlah daftar kemampuan yang dimiliki.
Contohnya, jika Anda melamar di bagian Content Writer, cari skill yang sekiranya berkaitan dengan itu. Misalnya, menulis 800-1000 kata per hari, memiliki pengetahuan SEO, bisa menggunakan tool lain untuk menunjang pekerjaan Anda dan lain-lain.
Tips 3: Buat Kerangka Surat Lamaran Kerja
Agar surat Anda terlihat runtut dan rapi, maka tidak ada salahnya untuk membuat sebuah kerangka surat lamaran kerja.
Kerangka tersebut terdiri dari paragraf pembuka, paragraf isi dan penutup. Di paragraf pembuka pastikan Anda memperkenalkan diri secara jelas.
Lalu di paragraf isi, berikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan surat tersebut dibuat, dan jangan lupa sertakan juga skill yang sudah Anda sortir sebelumnya.
Di paragraf penutup, jangan lupa untuk yakinkan kepada perekrut untuk memilih Anda sebagai kandidat terbaik.
Tips 4: Mencari Referensi
Carilah referensi sebanyak-banyaknya. Di luar sana banyak sekali artikel pembahasan mengenai bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang bagus.
Salah satunya adalah artikel contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang tersedia secara lengkap untuk berbagai bidang.
Tips 5: Gunakan Grammar Checker
Pastikan agar surat lamaran Anda bebas dari grammatical error. Kesalahan tata bahasa memang wajar. Namun, ada baiknya untuk dihindari.
Salah satu cara untuk menghindari kesalahan tata bahasa ini adalah dengan menggunakan tool grammar checker yang tersedia bebas di internet.
Salah satu contoh grammar checker yang bisa Anda gunakan secara gratis tanpa perlu mendaftar akun adalah dengan Quill Bot.
Tips 6: Kirim dengan Email Formal
Email formal di sini adalah email dengan nama terang dan tidak mengandung unsur angka atau simbol yang berlebihan.
Dengan begitu, email surat lamaran kerja Anda akan terlihat profesional. Cara lain mengirim surat lamaran kerja tanpa email adalah dengan menggunakan LinkedIn.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang diinginkan.